Jumat, 19 September 2014

Peran Arsitek terhadap Sumber Daya Air


Sumber daya air adalah sumber daya berupa air yang berguna atau potensial bagi manusia. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian, industri, rumah tangga, rekreasi, dan aktivitas lingkungan. Kaitannya dalam hal ini  perlunya seorang Arsitek memperhatikan sumber daya air dalam merancang karyanya, adalah :
  • Air merupakan sumber kehidupan disamping oksigen. Tanpa air, manusia tidak bisa hidup, apalagi melakukan aktifitasnya.
  • Terkait dengan bidang arsitektur, maka dalam mengimplementasikan karya arsitektur sebagai wadah kegiatan manusia (dalam membangun lingkungan binaan), maka sejak tahap pra-konstruksi, tahap kontruksi dan tahap pasca konstruksi, selalu diperlukan ketersediaan air bersih yang cukup kuantitasnya, dengan kualitas sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan menurut fungsinya, dan terjaga kontinuitasnya
  • Bahkan bila manusia mengabaikan ketersediaan air bersih, misalnya dengan beraktifitas tidak ramah lingkungan (tidak mempertimbangkan ’re-use’, ’re-duce’, ’re-cycle’), maka sangat mungkin bahwa di masa yang akan datang, air akan masuk dalam golongan yang ’un-renewable resources’ (sumber daya yang tidak terbarukan)
Dari beberapa uraian diatas sangat perlu upaya untuk menjaga kelestarian tanah dan air dapat dilakukan dengan pengendalian lahan kritis (reboisasi), serta adanya upaya yang nyata mengimplementasikan karya arsitektur dalam mengelola lingkungan